Analisis Evaluasi Implementasi Target Nasional Universal Health Coverage ( UHC) Di Kabupaten /Kota Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Dewi, Ratna
Advisor:
Hasnita, Evi
Putra, Billy Harnaldo
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Analisis,Evaluasi, , UHC
DOI:
-
Abstract :
Latar Belakang: Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan kebijakan kesehatan Indonesia Dalam Mencapai Universal Health Coverage (UHC). Pencapaian UHC di Provinsi Sumatera barat masih urutuan ke 28 dari 38 Provinsi di Indonesia. Pada Tahun 2022 yang belum UHC Di provinsi Sumbar 11 Kab/Kota, 2023 8 Kab/Kota. Tujuan : Penelitian ini bertujuan Untuk mengevaluasi secara mendalam mengenai capaian Program UHC di Kab/Kota Provinsi Sumatera barat.
Metode: Jenis penelitian adalah Penelitian kualitatif bersifat deskriptif, Analisis, interpretasi dengan pendekatan Etnografi dilaksanakan di 6 Kab/Kota Provinsi Sumatera Barat Pada Bulan Juni sampai dengan 30 Juli. Teknik Pengambilan Sampel adalah purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam kepada 22 Informan, telaah dokumen dan Observasi. Validasi data mengunakan triangulasi metode.
Hasil :Penelitian ini menunjukkan dari segi input kurang maksimal pendanaan untuk Kab/Kota yang belum mencapai UHC sehingga masih banyak masyarakat yang belum mempunyai Jaminan Kesehatan dan banyaknya peserta Non Aktif khususnya tunggakan di kepesertaan mandiri. Untuk Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanan UHC di Provinsi Sumatera
Barat diketahui perencanaannya sudah ada di RKA, proses perencaanan sudah sesuai regulasi, dalam penggorganisasiannya belum adanya SOP dan SK khusus untuk mencapai UHC. Sementara untuk pelaksanaannnya sudah berjalan baik dibuktikan dengan sistem pelayanan kesehatannya , SDM yang belum tersebar rata, sarana dan prasarana fasyankes lengkap.
Kesimpulan : Keberhasilan UHC di Provinsi Sumatera barat masih belum mencapai target program nasional. Adanya Komitmen yang tinggi, Dana yang cukup, proses yang dinamis, serta sumberdaya yang lengkap sehingga ini dapat mendorong optimalisasai pencapaian UHC di Provinsi Sumatera Barat.
Download From Google Drive