Analisis Sumber Daya Manusia Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan Tahun 2022

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Arisanti, Desi
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Analisis Kebutuhan SDM, Tenaga Kesehatan
DOI:
-
Abstract :
Analisis jabatan merupakan unsur utama dalam melakukan perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan, termasuk tenaga Sarjana Kesehatan Masyarakat. Analisis jabatan digunakan untuk menilai apakah uraian tugas (job description) sudah sesuai dengan latar belakang jabatan tenaga kesehatan.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Metode penelitian deskriptif digunakan untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Menganalisis mengenai bagaimana Analisis SDM Tenaga Kesehatan Pendukung Puskesmas di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan Tahun 2022
Hasil penelitian ini adalah analisa dari segi input dalam menganalisa kebutuhan SDM Tenaga Kesehatan di Puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan adalah Prosedur perekrutan yang belum optimal dan jumlah SDMK yang masih kurang. Dari segi proses dalam menganalisa kebutuhan SDM Tenaga Kesehatan terdiri dari Perencanaan usulan kebutuhan tenaga dengan menggunakan analisis ABK. Dari segi output yaitu pemenuhan kebutuhan SDM Kesehatan yang belum maksimal. Kemudian dari segi outcome yaitu dampak yang timbul akibat kekurangan tenaga kesehatan mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat kurang maksimal.
Berdasarkan uraian diatas di peroleh kesimpulan bahwa di puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan rata-rata ,masih mengalami kekosongan tenaga kesehatan, yang menyebabkan pelayanan kepada massyarakat menjadi tidak maksimal dan di harapkan Dinas Kesehatan dapat melakukan penataan kembali tenaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing puskesmas sehingga pemerataan tenaga kesehatan bisa optimal dengan menentukan skala prioritas.
Download From Google Drive