Evaluasi Pelaksanaan Program Pencegahan Stunting Ditinjau Dari Program Spesifik Dan Program Sensitif Di Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Angraini, Dian Putri
Advisor:
Hasnita, Evi
Oktavianis
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Program, Spesifik, Sensitif, Stunting
DOI:
-
Abstract :
Latar Belakang : Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Prevalensi stunting di Indonesia pada tahun 2019 yaitu 27,7% berdasarkan survei SSGBI. Tujuan penelitian untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan pencegahan program stunting ditinjau dari program spesifik dan program sensitive di Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023.
Metode : Metode penelitian dalam penelitian ini adalah campuran/kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential exploratory design. data kuantitatif menggunakan kuesioner, sedangkan penelitian kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam (indepth interview). Rancangan kuantitatif dalam penelitian ini dengan pendekatan case control 1:2, populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 24-59 bulan. Dengan sampel kuantitatif 106 responden dan kualitatif 10 informan. Hasil : Hasil analisis statistik pada penelitian kuantitatif didapatkan yang paling berpengaruh adalah MP-ASI (p=0.001) dan imunisasi (p=0.001), sementara hasil penelitian kualitatif didapakan kebijakan yang ada sudah sangat baik, sumber daya manusia sudah bekerja sesuai bidang ahlinya serta sarana dan prasarana sudah lengkap.
Kesimpulan : Dari beberapa variable pada penelitian kuantiatif yang berpengaruh adalah MP ASI dan Imunisasi semenara yang kualitatif disimpulkan bahwa Program dalam pencegahan kejadian stunting ini sudah dengan baik namun masih ada beberapa hambatan yang ditemukan. Di harapkan seluruh petugas kesehatan untuk bekerja maksimal dan mengikutsertakan lintas sektor lainnya.
Download From Google Drive