Analisis Fungsi Ketahanan Keluarga Terhadap Kejadian Hiv- Aids Di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2023

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Syamsul, Nur Octavia
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurdin
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Ketahanan, Fungsi Keluarga, kejadiaan HIV- AIDS
DOI:
-
Abstract :
Keluarga yang fungsional dijadikan basis dalam perawatan pasien dengan penyakit kronik, salah satunya adalah Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang saat ini merupakan masalah kesehatan yang mengancam dan perlu mendapat perhatian karena menjadi isu global di dunia (Anggraini & Irawan, 2017). Penderita yang mendapat pengobatan sebanyak 3,2 juta penderita dan kasus kematian sebanyak 200.000 kematian (UNAIDS, 2020). Di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2023 jumlah penemuan kasus HIV- AIDS bulan Januari sampai dengan Juli sebanyak 23 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis fungsi ketahanan keluarga terhadap kejadian HIV- AIDS di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2023.
Penelitian ini adalah penelitian gabungan (Mixed Methods). Penelitian dilakukan pada Agustus tahun 2023 dengan jumlah sampel 86 orang yang diambil dengan teknik case control. Analisis data dilakukan secara analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square melalui program SPSS.
Hasil penelitian didapatkan kelopmpok kontrol dengan fungsi fisik (41,8%), Sosial (53,5%), dan psikologis (25,6%) yang tidak baik. Sedangkan pada kelompok kasus dengan fungsi fisik (69,7%), sosial (48,85) dan psikologis (51,25) yang tidak baik. Variabel yang berhubungan nilai p value < 0,05, fungsi fisik (0,017), fungsi psikologis (0,027) dan variabel yang tidak berhubungan yaitu fungsi sosial (0,829).
Dapat disimpulkan bahwa fungsi ketahanan keluarga memiliki peranan penting terhadap terjadinya kejadian HIV-AIDS. Disarankan kepada orangtua agar dapat menanamkan nilai -nilai agama, kasih sayang, dan melakukan pengendalian terhadap anak agar mereka berperilaku sesuai dengan kaidah moral yang ada.
Download From Google Drive