Analisis Kepuasan Kerja Praktek Mandiri Bidan Dengan Keikutsertaan Pada Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Di Kabupaten 50 Kota Tahun 2022

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Febrianti, Erlina
Advisor:
Oktavianis
Putra, Billy Harnaldo
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kepuasan kerja,Keikutsertaan BPJS, Motivasi, Harapan, Jasa Pelayanan, Komunikasi
DOI:
-
Abstract :
Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan global. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, angka kematian ibu sekitar 83/100.000 kelahiran pada tahun 2022. Menekan tingginya AKI adalah dengan menerapkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Di era Jaminan Kesehatan Nasional sangat penting bidan bekerjasama dengan BPJS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan kerja praktek mandiri bidan dengan keikutsertaan pada program BPJS di Kabupaten 50 Kota tahun 2022.
Jenis penelitian adalah kombinasi (mix method). Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, menggunakan kuesioner dengan total sampel sebanyak 68 PMB. Analisis yang digunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji chisquare. Penelitian kualiatatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan triangulasi sebanyak 4 orang dan 5 responden dari praktek mandiri bidan.
Hasil penelitian menunjukkan responden memiliki usia>40 tahun 50 (73,5%), dengan Pendidikan DIV kebidanan 47 (69,1%),pekerjaan PNS (79,4%), ikutserta BPJS 36 (52,9 %). Responden dengan motivasi tinggi 57 (83,8%), harapan rendah 38 (55,9%), tidak puas dengan jasa pelayanan 58 (85,3%), komunikasi tidak baik 52 (76,5 %) dan ikut kerjasama BPJS 36 (47,1%). Hasil analisis bivariat didapat tidak ada hubungan motivasi, harapan, jasa pelayanan dan komunikasi dengan keikutsertaan PMB pada program BPJS di Kabupaten 50 Kota tahun 2022, nilai P Value > 0,05. Hasil wawancara mendalam diperoleh kebijakan, prosedur klaim, sumber daya manusia, aplikasi pcare eclaim, prosedur, sarana dan prasarana mempengaruhi keikutsertaan PMB dengan BPJS di Kabupaten 50 Kota tahun 2022. Berdasarkan hasil input, proses dan output Kabupaten 50 Kota sudah melaksanakannya.
Diharapkan PMB ikut serta pada program BPJS di Kabupaten 50 kota. Bagi seluruh pihak dapat berperan dalam mendorong keikutsertaan PMB dengan program BPJS di kabupaten 50 kota.
Download From Google Drive