Analisis Evaluasi Pelaksanaan Program Pemeriksaan Payudara Dalam Upaya Pencegahan Ca Mammae Pada Pus Di Puskesmas Kuamang Kuning Kabupaten Bungo Tahun 2023

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Pratiwi, Ririt Norma
Advisor:
Hasnita, Evi
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Faktor Pelaksanaan Program Pemeriksaan Payudara
DOI:
-
Abstract :
Latar belakang World Health Organization (WHO) memperkirakan kanker payudara saat ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak di derita oleh perempuan dengan prevalensi yang sangat tinggi di seluruh negara di dunia sekitar 2,3 juta kasus baru untuk kanker payudara setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis Evaluasi pelaksaan program pemeriksaan payudara dalam upaya pencegahan ca mammae pada PUS di puskesmas kuamang kuning kabupaten bungo tahun 2023.
Jenis Penelitian adalah penelitian kombinasi (mix method). Penelitian ini dilakukan di puskesmas kuamang kuning pada 15Agustus -30 Agustus. Penelitian kuantitatif dengan desain crossectional menggunakan kuesioner dengan total sampel sebanyak 98 orang. Dan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 18 informan.
Hasil Penelitian menunjukkan p-value < 0,05 yang artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel independen (pengetahuan, sikap, motivasi, sumber informasi, peran tenaga kesehatan, dan dukungan keluarga) terhadap pelaksanaan program pemeriksaan payudara. Hasil wawancara di peroleh bahwa output pada penelitian ini sudah terlaksana, namun masih banyak masyarakat khususnya PUS tidak mau melakukan SADANIS dengan alasan malu, mengurus anak dan sibuk dengan kegiatan di rumah.
Kesimpulan Didapatkan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap Pelaksanaan Program Pemeriksaan Payudara Dalam Upaya Pencegahan Ca Mammae pada PUS adalah pengetahuan (p-value 0,000). Disarankan pada Puskesmas agar dijadikan masukan informasi dalam menyusun kebijakan dan strategi program kesehatan terutama yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan masyarakat khusus nya program pemeriksaan payudara dimasa yang akan datang.
Download From Google Drive