Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa) Pada Balita Suku Anak Dalam (Sad) Daerah Makekal Desa Mekar Jaya Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Provinsi Jambi Tahun 2023

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Damanik, Rampiandi
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Analisis, Kejadian ISPA , Faktor-faktor, Pengaruh, Balita SAD
DOI:
-
Abstract :
Data World Health Organization (WHO) menunjukkan angka kematian pada balita di dunia pada tahun 2017 sebesar 45,6 per 1.000 kelahiran hidup dan 15% diantaranya disebabkan oleh ISPA. Penyakit ISPA merupakan kasus penyakit yang sering dialami dan terjadi kematian pada balita Suku Anak Dalam daerah makekal ulu..
Jenis penelitian adalah penelitian kombinasi (mix method) dengan desain cross sectional menggunakan kuesioner dengan total sampling sebanyak 50 ibu balita dan Penelitian kualitatif dengan pendekatan study fenomenologi wawancara mendalam terhadap 8 informan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kejadian ISPA pada balita SAD daerah makekal.
Berdasarkan uji statistik menunjukkan hasil p-value > 0.05 artinya tidak ada hubungan yang signifikan pengetahuan ibu, motivasi, kebiasaan merokok, hygiene sanitasi, sosial ekonomi, akses pelayanan kesehatan,status gizi terhadap kejadian ISPA pada balita SAD,namun dilihat dari fenomena analisis kualitatif didapatkan keterkaitan terhadap kejadian ISPA pada balita SAD.
Simpulan berdasarkan uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan antar variable independen: pengetahuan, motivasi, kebiasaan merokok,hygiene sanitasi, sosial ekonomi, akses pelayanan kesehatan, status gizi terhadap variabel dependen kejadian ISPA,secara analisis fenomelogi kualitatif tergambar adanya kejadian ISPA dan masalah kesehatan pada komunitas SAD. Di butuhkan peran serta puskesmas dan lintas sektor terkait dalam memperhatikan dan meningkatkan layanan kesehatan dan kesejahteraan sosial yang berkeadilan pada SAD.
Download From Google Drive