Analisis Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Mayjen Ha Thalib Kota Sungai Penuh Tahun 2022

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Suwindra, Iwan
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Persepsi, Mutu Pelayanan, Minat Kunjungan
DOI:
-
Abstract :
Pelayanan rumah sakit merupakan salah satu bidang jasa yang memegang peranan penting. Pada tahun 2019 hingga 2021 RSUD Mayjen HA Thalib mengalami penurunan kunjungan pasien setiap tahun nya, ini mengindikasikan bahwa pihak manajemen rumah sakit belum optimal memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan keinginan pasien sehingga pasien terutama yang membayar sendiri tidak akan berkunjung ulang untuk kembali memanfaatkan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian Analisis Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Mayjen Ha Thalib Kota Sungai Penuh Tahun 2022. Jenis penelitian adalah mixed methods. Sampel penelitian 100 responden. Informan pada penelitian sebanyak 10 orang. Analisis bivariat uji chi-quare dan Uji Regresi Logistik Berganda. dengan derajat kepercayaan 95 %. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Collaizi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan keprofesian (0,033) efisiensi (0,037), keamanan pasien (0,021), kepuasan pasien (0,047) terhadap terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Multivariate diperoleh dari 4 variabel, Variabel yang berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan yaitu keprofesian (0,025). Hasil Kualitatif secara keseluruhan yaitu minat kunjungan pasien di RSUD mayjen HA thalib meningkat karena rumah sakit ini merupakan rumah sakit rujukan dan kebutuhan pasien untuk berobat setiap bulannya. Disimpulkan bahwa Keprofesian merupakan variabel paling berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Diharapkan meningkatkan kinerja petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien secara maksimal, melaui peningkatan keprofesian tenaga kesehatan, efisiensi, keamanan, kepuasan dan fasilitas di rumah sakit.
Download From Google Drive