Meta Analisis Intervensi Stunting Metoda Kohort Di Asia Tahun 2010-2021

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Purwanti, Puput
Advisor:
Sulung, Neila
Oktavianis
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
intervensi, gizi, meta –analisis, spesifik, stunting
DOI:
-
Abstract :
Stunting merupakan salah satu tantangan dan masalah gizi secara global yang sedang dihadapi oleh masyarakat di dunia. Jumlah balita penderita stunting tertinggi berasal dari Asia Timur dan Pasifik sebanyak 20,7 juta. Penanganan stunting secara garis besar dilakukan melalui intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif yang difokuskan pada 1000 hari pertama kehidupan. Penelitian ini bertujuan melihat intervensi gizi spesifik yang dilakukan dalam pencegahan dan penanganan stunting di Asia.
Metode penelitian Meta-analisis dengan analisis fixed effect model dan random effect model untuk menganalisis beberapa penelitian dengan menggunakan pendekatan sistematis dan teknik statistik dengan penelitian metode kohort dengan pencarian artikel studi melalui database Google Scholar, PubMed, Springer Link, dan PLOS Global Public Health diperoleh 19Artikel desain Cohort.
Hasil dari telaah sistematis artikel studi ditemukan bahwa determinan intervensi gizi spesifik dalam pencegahan dan penanganan stunting terbanyak di Asia yaitu intervensi gizi dengan suplementasi mikronutrien atau makronutrien dengan nilai pooled OR tertinggi 5,25-2,14, terdapat pengaruh intervensi suplementasi mikronutrien atau makronutrien dalam penanganan stunting dengan nilai OR sebesar 2.14 (CI 95% : 2.12-2.17) dan p-value 0,0001 namun tidak ada pengaruh intervensi pendidikan gizi dalam penanganan stunting dengan nilai OR sebesar 1.08 (CI 95% : 0.91-1.28) dan p-value 0,39.
Disimpulkan bahwa intervensi gizi spesifik dalam pencegahan dan penanganan stunting terbanyak di Asia yaitu intervensi gizi dengan Suplementasi mikronutrien atau makronutrien. Untuk itu diharapkan peningkatan pencegahan dan penanganan stunting yang bisa diaplikasikan di Indonesia, maka penulis menyarankan untuk meningkatkan pemanfaatan suplemen berbasis bahan pokok pada balita melalui kegiatan Strategi Intervensi Gizi dalam Program Percepatan Penurunan Stunting yang diiringi dengan Pemberian Suplemen dan konseling gizi.
Download From Google Drive