Analisis Determinan Kejadian Penyakit Campak Di Kabupaten Agam Tahun 2022

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Oktavia, Rita
Advisor:
Sulung, Neila
Oktavianis

ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kepadatan Hunian, Penyakit Campak, Status Gizi, Status dan Umur Pemberian Imunisasi
DOI:
-
Abstract :
Kabupaten Agam merupakan daerah yang memberi sumbangan nomor 2 terbanyak dengan kasus campak di Provinsi Sumatera Barat dengan incident rate 70,02 per 100.000 penduduk. Tujuan penelitian ini menganalisis determinan kejadian penyakit campak di Kabupaten Agam.
Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methode yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian yaitu 63 orang kasus dan 63 orang kontrol. Informan penelitian sebanyak 14 orang. Penelitian ini dilakukan di 4 Puskesmas yang berada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Agam.
Hasil penelitian kuantitatif yaitu adanya hubungan antara umur pemberian dan status imunisasi campak dengan kejadian penyakit campak (p-value = 0,000) dan tidak ada hubungan antara status gizi dan kepadatan hunian dengan kejadian penyakit campak di Kabupaten Agam (p-value = 1,000). Variabel yang paling berhubungan adalah status imunisasi campak (OR = 4,650) Pada hasil penelitian kualitatif didapatkan kekurangan pelaksanaan surveilans campak banyak pada komponen proses dan output terutama di tingkat puskesmas. Kegiatan surveilans telah terlaksana namun belum maksimal dalam pendokumentasiannya, belum semua suspect campak dilakukan pemeriksaan sampel darah, format CBMS tidak diisi dengan lengkap, hal ini meyebabkan kualitas data rendah.
Kesimpulan dan saran : Status imunisasi campak merupakan variable yang paling berhubungan dengan kejadian penyakit campak dan pelaksanaan surveilans campak belum maksimal. Selanjutnya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut secara mendalam tentang variabel-variabel lain yang kemungkinan berkaitan dengan determinan kejadian kasus campak.
Download From Google Drive