Analisis Implementasi Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Bagi Pekerja Perkantoran Di Kabupaten Meranginprovinsi Jambi Tahun 2023

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Ajir, Siti
Advisor:
Oktavianis
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Deteksi dini, Posbindu PTM, Pekerja Perkantoran
DOI:
-
Abstract :
Menurut WHO (2022), menunjukkan bahwa PTM menyebabkan kematian pada sekitar 41 juta orang setiap tahunnya, angka ini setara dengan 74% dari seluruh penyebab kematian di dunia. Berdasarkan aktifitasnya, karyawan perkantoran memiliki beberapa potensi masalah kesehatan yang dominan berkaitan dengan sedentary job yang berisiko timbulnya dampak kesehatan salah satunya Penyakit Tidak Menular. Pekerja perkantoran merupakan aset bagi perkantoran, tulang punggung keluarga dan pencetak generasi penerus sangat penting dilakukan pegendalian agar tercipta pekerja perkantoran sehat produktif.
Penelitian dilakukan Kabupaten Merangin provinsi Jambi, untuk menganalisis implementasi program Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular di Posbindu PTM bagi pekerja Perkantoran.
Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dilaksanakan mulai bulan juli sampai dengan bulan September 2023.
Hasil Teradapat Program tentang deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) hanya disosialisasikan kepada kepala Puskemas diterapkan Posbindu PTM disetiap Desa di lingkup kerja Puskesmas kecuali 2 desa terpencil dengan capaian masih 25,6% penduduk usia 15> belum mendapatkan scrining sesuai standar. Implementasi Program belum mencakup kesemua sasaran potensial beresiko, terutama pekerja perkantoran, karena pekerja perkantoran belum mendapatkan informasi tentang Program dan jadwal pelaksanaan bertepatan dengan hari dan jam kerja. Terdapat regulasi pendukung dilaksanakan deteksi dini penayakit tidak menular diperkantoran dan sudah dilaksanakan di kantor desa, kantor camat dan sekolah Posbindu PTM oleh sebagian puskesmas namun belum sesuai Juknis dan belum memiliki wadah (seperti didesa Posbindu PTM).
Simpulan: Implementasi Kebijakan/Program Deteksi Dini Penyakit tidak bagi pekerja perkantoran belum optimal, kerena penyaluran informasi tentang program kepada lintas program, lintas sektor dan kelompok sasaran serta petunujuk pelaksanaan kepada pelaksana Program belum sesuai pedoman dan juknis.
Download From Google Drive