Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kabupaten Solok Selatan Tahun 2023

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Gusmawati, Ila
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kualitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas.
DOI:
-
Abstract :
Puskesmas merupakan penyedia pelayanan tingkat dasar yang memberikan pelayanan terpadu, menyeluruh, dan merata. Upaya pelayanan Kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas harus mampu untuk meningkatkan derajat Kesehatan yang optimal. Namun untuk dapat memberikan pelayanan prima, terdapat factor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan. Sehingga dilakukan penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan tahun 2023. Penelitian ini menggunakan mix-method sebagai metode penelitian yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif. Data kuantitatif menggunakan desain cross sectional dengan jumlah populasi dalam penelitian sebanyak 274 orang yang terdiri dari bidan dan perawat PNS yang bertugas di seluruh Puskesmas Kabupaten Solok Selatan. Besar sampel ditentukan dengan pendekatan Slovin dengan Random Sampling dan didapatkan sampel sebanyak 73 orang. Sedangkan untuk data kualitatif digunakan pedoman wawancara dengan pendekatan explanatory dengan jumlah Informan sebanyak 12 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan November Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar komponen dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan memiliki hasil yang baik, yaitu SDM sesuai standar (61,6%), motivasi positif (58,9%), masa kerja sesuai (74%), sarana prasarana sesuai standar (100%), namun sebanyak 52,1% responden tidak pernah mendapatkan pelatihan dalam kualitas pelayanan Kesehatan. Hasil penelitian kualitatif dalam penelitian ini bahwa dalam hal input, proses dan output pelayanan kesehatan sudah baik dan memenuhi standar, meskipun ketersediaan SDM masih belum terpenuhi dengan baik di beberapa Puskesmas. Dapat disimpulkan bahwa bahwa pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sudah mencapai target pada beberapa sasaran walaupun masih ada sedikit kendala. Diharapkan tenaga kesehatan bekerja sesuai dengan tanggung jawab masing-masing untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk kedepannya.
Download From Google Drive