Determinan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Bantuan Iuran (PBI) Di Pulau Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2022

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Simarmata, Ruben
Advisor:
Sulung, Neila
Nurdin
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kualitas, pelayanan, kepuasan, PBI.
DOI:
-
Abstract :
Latar belakangKepuasan pasien sebagai pengguna jasa merupakan salah satu indicatordalam menilai mutu pelayanan di puskesmas. Kepuasan yang tinggi akanmenunjukkan keberhasilan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu. Pada Tahun 2021 terdapat 12 surat ketidak puasan pasien di kotak saran dan wawancara dasar yang dilakukukan bahwa dari 10 orang 7 orang tidak puas dengan pelayanan yang didapatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan kualitas pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan peserta bantuan iuran (PBI) di Pulau Sipora KabupatenKepulauan Mentawai Tahun 2022. Metode Penelitian menggunakan metode Mixed Methods yaitu kuantitatif dan Kualitatif. Untuk penelitian kuantitatif menggunakan desain cros sectional study. Jumlah sampel sebanyak 98 orang. Sedangkan untuk informan penelitian kualitatif berjumlah 15 orang yaitu kepala Puskesmas 3 orang, perawat 3 orang, bidan 3 orang dan farmasi 3 orang. Analisa kualitatif dilakukan dengan proses triangulasi. Hasil Penelitian hasil uji chi-square menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kejadian tingkat kepuasanpeserta PBI adalah tangibledengan (p=0,000) , Responsiveness(p =0,000), Assurancedengan (p =0,028) dan Emphaty dengan (p=0,000), Tidak terdapat hubungan antara reliability dengan tingkat kepuasan dengan (p =1,82). Hasil penelitian kualitatif ditemukan bahwa secara keseluruhan belum tercapainya kualitas pelayanan yang berkualitas terutama pada aspek Emphaty. Kesimpulan di dapatkan bahwa faktor yang paling dominan terhadap kepuasan pasien peserta bantuan iuran (PBI) di Pulau Sipora Utara Kabupaten Kepaulauan Mentawai Tahun 2022 adalah reasponsiveness dengan p-value 0,000 ( p < 0,05) artinya terdapat hubungan. Untuk itu sarankan kepada Puskesmas di Pulau Sipora agar dapat meningkatkan reabillity dan penambahan tenaga yang kurang agar kepuasan pasien maksimal.
Download From Google Drive