Formulasi, Karakterisasi Dan Uji Aktivitas Antibakteri Pasta Gigi Kitosan Nanogel Ekstrak Gambir

Categorie(s):
   Lecturer Research
Author(s):
   Saputra, Harry Ade - et.al
Advisor:
-
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Ekstrak gambir, Kitosan nanogel, Pasta gigi
DOI:
-
Abstract :
Karang gigi, merupakan salah satu masalah yang banyak diderita oleh masyarakat yang ada diseluruh dunia. Akan tetapi pemilihan pasta gigi dan mouthwash yang tidak tepat ternyata dapat menyebabkan gigi rapuh dan kanker tulang. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan bahan alam seperti gambir yang diolah dengan teknologi nanogel berbahan dasar kitosan.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan formulasi, mengetahui karakterisasi, aktivitas antibakteri pasta gigi kitosan-nanogel ekstrak gambir. Proses pembuatan nanogel ekstrak gambir dibuat melalui beberapa proses. yang pertama preparasi ektrak gambir, yaitu dengan cara merendam ekstrak gambir dalam etanol. tahapan kedua yaitu preparasi nanogel kitosan dengan menambahkan kitosan dengan polimer dan crosslinked secara perlahan dengan pengadukan konstan. tahapan ketiga yaitu proses loading dengan metoda inkubasi, yaitu menambahkan ekstrak sampel kedalam nanogel dan selanjutnya dilakukan sonikasi dengan waterbath sonikator. Produk yang dihasilkan selanjutnya dilakukan uji aktifitas antibakteri.
Dari hasil penelitian didapatkan zona hambat Formula 0, 1, 2, 3 dan 4 yaitu 0, 0, 0, 9 dan 19 mm. Data hasil penelitian di uji normalitasnya. Setelah itu dilakukan analisa bivariat untuk melihat nilai signifikansi antar variabel. Hasil uji Kruskal-Wallis (Mann-Whitney U - Wilcoxon W) variabel Zona Hambat S. mutans diperoleh nilai p value 0,03. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa gel nanopartikel ekstrak etanol gambir efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroba penyebab karang gigi.