Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gadget Pada Anak Usia Dini
Categorie(s):
Author(s):
Arfina Indah Azwi, Yenni Yenni, Okta Vianis
Advisor:
ISSN/ISBN:
26859068
eISSN/eISBN:
26859068
Volume:
5
Keyword(s):
Early childhood, use of gadgets, development social emotional, Parenting
DOI:
DOI: http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v5i1.1507
Abstract :
Penggunaan gadget pada kelompok usia < 5 tahun di Indonesia cukup tinggi yaitu sebesar 80% dan angka ini
cenderung meningkat di masa pandemi, mengingat perubahan tatanan kehidupan dan pendidikan selama masa
pandemi. Kondisi membutuhkan perhatian dan pengawasan yang baik dari orang tua agar penggunaan gadget dapat
terkontrol dan tidak mempengaruhi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola
asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak yang menggunakan gadget pada anak usia dini di TK
Al-Azhar Bukittinggi. Jenis penelitian deskriptif analitik pendekatan cross sectional study dilaksanakan pada
September November tahun 2020 dengan populasi seluruh orang tua anak usia dini di TK Al-Azhar. Pengambilan
sampel secara total sampling dengan besaran sampel sebanyak 60 responden. Pengumpulan data menggunakan
kuisioner. Analisis data meliputi analisis univariat dan analisia bivariat yang dilakukan secara komputerisasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 81,7% responden dengan pola asuh penggunaan gadget demokratis dan 63,3%
responden dengan perkembangan sosial emosional baik. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada hubungan
antara pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini yang menggunakan gadget
dengan nilai p = 0,014. Disimpulkan bahwa polah asuh orang tua berhubungan signifikan dengan perkembangan
sosial emosional pada anak usia dini yang menggunakan gadget. Maka dari itu, diharapkan kepada orang tua untuk
selalu menerapkan pola asuh yang baik dalam hal penggunaan gadget pada anak usia dini.
cenderung meningkat di masa pandemi, mengingat perubahan tatanan kehidupan dan pendidikan selama masa
pandemi. Kondisi membutuhkan perhatian dan pengawasan yang baik dari orang tua agar penggunaan gadget dapat
terkontrol dan tidak mempengaruhi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola
asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak yang menggunakan gadget pada anak usia dini di TK
Al-Azhar Bukittinggi. Jenis penelitian deskriptif analitik pendekatan cross sectional study dilaksanakan pada
September November tahun 2020 dengan populasi seluruh orang tua anak usia dini di TK Al-Azhar. Pengambilan
sampel secara total sampling dengan besaran sampel sebanyak 60 responden. Pengumpulan data menggunakan
kuisioner. Analisis data meliputi analisis univariat dan analisia bivariat yang dilakukan secara komputerisasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 81,7% responden dengan pola asuh penggunaan gadget demokratis dan 63,3%
responden dengan perkembangan sosial emosional baik. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada hubungan
antara pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini yang menggunakan gadget
dengan nilai p = 0,014. Disimpulkan bahwa polah asuh orang tua berhubungan signifikan dengan perkembangan
sosial emosional pada anak usia dini yang menggunakan gadget. Maka dari itu, diharapkan kepada orang tua untuk
selalu menerapkan pola asuh yang baik dalam hal penggunaan gadget pada anak usia dini.