Analisis Determinan Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Dipuskesmas Rawang Dan Puskesmas Koto Lolo Kota Sungai Penuh Tahun 2021

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Nopiarti, Sri Ayu
Advisor:
Hasnita, Evi
Lazdia, Wenny
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Imunisasi Dasar Lengkap, Determinan IDL.
DOI:
-
Abstract :
Latar Belakang Dinas Kesehatan Sungai Penuh sebanyak 98,8% dari 11
puskesmas ada 2 puskesmas yang cakupan imunisasi masih rendah yaitu
puskesmas Rawang dan Puskesmas Koto Lolo. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui Analisis Determinan Faktor Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Di
Puskesmas Rawang Dan Puskesmas Koto Lolo. Metode Penelitian menggunakan jenis mixed methods, di lakukan pada bulan Mei-Juli 2021, sampel 300 orang yaitu bayi di Puskesmas Rawang Dan Puskesmas Koto Lolo Tahun 2021 dan informan sebanyak 8 orang. Analisis data dengan Uji Chi Square dan uji regresi logistic. Hasil Penelitian Hasil uji statistik Chi-Square pada pengetahuan (0,000), sikap (0,000), pendidikan 0,020), jarak pelayanan kesehatan (0,000), peran tenaga kesehatan (0,000), pendapatan (0,488), dan pekerjaan orang tua (0,205) maka dapat disimpulkan adanya hubungan pengetahuan, sikap, pendidikan, jarak pelayanan kesehatan, peran tenaga kesehatan dengan Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Di Puskesmas Rawang Dan Koto Lolo Kota Sungai Penuh Tahun 2021. Hasil kualitatif didapatkan bahwa Input ,proses dan output sudah berjalan dengan baik hanya saja pada pencatatan dan pelaporan belum terlalu mendetail dan begitu juga dengan pemantauan pendistribusian vaksin ke puskesmas belum terlalu ketat.
Kesimpulan Didapatkan faktor yang paling dominan hubungannya terhadap
Imunisasi Dasar Lengkap pada bayi adalah sikap (p-value 0,000). Input,
prosesdan output sudah berjalan dengan baik.Disarankan pada Puskesmas dapat meningkatkan informasi dalam menyusun kebijakan dan strategi program kesehatan terutama yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan masyarakat khusus nya program Imunisasi Dasar Lengkap pada bayi dimasa yang akan datang dan model penerapan dengan pendekatan multi strategi seperti pembuatan kantong persalinan, pembuatan group whatsapp, sertifikat imunisasi.
Download From Google Drive