Analisis Determinan Kejadian Diabetes Melitus Di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Marina, Reny
Advisor:
Asbiran, Nursal
Nurdin
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Determinan diabetes melitus, penatalaksanaan DM.
DOI:
-
Abstract :
Dampak dari DiabetesMellitus terhadap kualitas sumber daya manusia dan
peningkatan biaya kesehatan cukup besar,sehingga sangat diperlukan program
pengendalian DM Prevalensi. DM di Indonesiaberdasarkan pemeriksaan darah
mengalami peningkatan dari 6,9% menjadi8,5%, sedangkan berdasarkan diagnosa dokter meningkat dari 1,5 % menjadi2% pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk analisis determinan kejadian DMdi Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah Metode mixed methods. Metode pegumpulan data kuantitatif dengan menggunaan kuesioner untuk variabel pemeriksaan fisik dan pemeriksaan langsung (IMT, kadar kolesterol dan hipertensi),sedangkan penelitian kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam (indept interview). Penelitian kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 juli s/d 15 Agustus tahun 2020 dengan mendatangi Posbindu PTM di Kecamatan IV Jurai.
Hasil penelitian ini terdapat pengaruh terhadap kejadian diabetes melitus yaitu Kadar Kolesterol (P=0,000, OR= 69,00), hipertensi (P=0,003 OR=4,286),
yang tidak pengaruh aktifitas fisik (P=0,636, OR = 0.799), IMT (P=0,547,
OR=1,388) dan merokok (P=0,512, OR=0,641) Determinan paling mempengaruhi kejadian diabetes mellitus yaitukadar kolesterol OR 69,00 (95% CI: 13,229- 359,880),masih kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara pengelolaan makanan, masih kurangnya sarana dan prasana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatanPTM dan belum memiliki kader PTM. Kadar kolesterol merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kejadian diabetes melitus, pengelolaan makanan yang baik dapat dilakukan dengan model penerapan Gerakan Pencegahan dengan Keluarga Mengatasi Penyakit Kronis (Gerobak Manis) danKampia Informasi Sehat Promosi Kaya Akan Media Edukasi Kesehatan (KIS SIKAMEK), juga memperkuat advokasi ke nagari untuk pengadaan sarana prasarana dan kader.
Download From Google Drive