Analisis Determinan Konsumsi Tablet Tambah Darah Pada Remaja Putri di Kota Solok Tahun 2020

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Jamelza, Sonia
Advisor:
Sulung, Neila
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Remaja, Konsumsi Tablet Tambahan Darah, Anemia.
DOI:
-
Abstract :
Kejadian anemia merupakan masalah kesehatan secara global, pada remaja putri angka prevalensi anemia sebesar 25%. Salah satu indikator keberhasilan program kesehatan ibu dan anak nasional adalah tercapainya pemberian tablet tambahan darah pada remaja putri dengan target 30% dari total jumlah remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh dan mendapatkan deskripsi analisis, interperestasi serta factor yang paling berpengaruh terhadap koonsumsi tablet tambah darah pada remaja putri di Kota Solok Tahun 2020.
Penelitian ini menggunakan jenis mixed methods, kualitatif menggunakan
pendekatan crossectional dan kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi di lakukan pada bulan maret-juli 2020, sampel 93 orang yaitu siswi SMK/SMA di Kota Solok dan informen sebanyak 16 orang. Analisis data dengan uji chy square dan uji regresi logistic. Hasil kuantitatif, Pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), motivasi (p=0,000), ketersediaan TTD (p=0,000), Peran tenaga kesehatan (p=0,012), peran guru (p=0,022), peran UKS (p=0,000) memiliki pengaruh terhadap konsumsi tablet tambahan darah pada remaja putri. Sedangkan Media (p=0,127), peran teman sebaya (p=0,082), peran keluarga
(p=0,172), pendapatan (p=1.000), pendidikan (p=0,437), pekerjaan (p=0,473) tidak memiliki pengaruh terhadap konsumsi tablet tambahan darah pada remaja putri. Hasil multivariate adalah peran UKS (p=0,004). Hasil kualitatif, input (kebijakan, dana, sdm, sarana dan prasarana) sesuai pedoman, proses (perencanaan, pendistribusian, pelaksanaan, pemantauan, dan pencatatan dan pelaporan) sebagian besar sudah berjalan dengan baik hanya saja pada pemantauan tidak begitu diperhatikan sehingga masih banyak siswi yang tidak minum Fe, output (cakupan kegiatan, ketepatan sasaran, waktu dan distribusi) sebagian sudah tercapai. Kesimpulan penelitian pengaruh yang dominan adalah peran UKS, input sudah sesuai, proses sebagian sudah terlaksana, output sebagian sudah tercapai. Diharapkan dinas kesehatan dan pendidikan dapat bekerja sama membentuk suatu kebijakan baru terhadap program konsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri.
Download From Google Drive