Analisis Pelaksanaan Program Penemuan Suspect TB Paru di Puskesmas Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Sary, Ricca Yulia
Advisor:
Sulung, Neila
Naili, Syafrian
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Tuberculosis, paru, suspect.
DOI:
-
Abstract :
Tuberkulosis merupakan penyebab mortalitas nomor satu diantara penyakit
menular di Indonesia. Capaian pada tahun 2018 dan tahun 2019 di Provinsi Sumatera Barat masih jauh dari target SPM. Tahun 2018 Puskesmas Lumpo dengan penemuan kasus terendah yaitu 21,7% dan tahun 2019 36,1% di Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan program penemuan suspect TB Paru di Puskesmas Lumpo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sistem yaitu input,
proses dan output. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Lumpo pada bulan April 2020 sampai Agustus 2020 dengan teknik wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD), dan observasi dengan 25 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan menggunakan strategi DOTS,
namun belum disosialisasikan kepada semua petugas. Koordinator TB masih
diberikan tugas rangkap, analis dan bidan desa belum terlatih serta pemanfaatan dana untuk sweeping belum optimal dianggarkan dalam Dana BOK. Puskesmas Lumpo belum menjadi Puskesmas Rujukan Mikroskopis (PRM). Proses perencanaan masih bersifat top down planning, pelaksanaan masih bersifat pasif, monitoring dan evaluasi belum dilakukan secara maksimal. Peran tokoh masyarakat belum maksimal dan belum ada koordinasi dalam penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP). Stigma terhadap penyakit TB Paru sebagai penyakit kutukan (guna-guna) masih ada di wilayah kerja Puskesmas Lumpo. Disimpulkan bahwa pelaksanaan program penemuan suspect TB paru di Puskesmas Lumpo belum optimal terutama integrasi antar program, sarana prasarana serta peran serta masyarakat. Penulis menyarankan untuk meningkatkan capaian tersebut melalui program surveilance TB dengan kegiatan PDKT LOKAN. Kegiatan ini meliputi pelacakan door to door kasus TB Paru dan penandatangan komitmen bersama dengan lintas sektor terkait.
Download From Google Drive