Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada Kasus Hipertensi di Wilayah Agam Timur Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Tahun 2020

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Yetti, Helendra
Advisor:
Hasnita, Evi
Oktavianis
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Hipertensi, Standar, Pelayanan, Minimal, Mutu.
DOI:
-
Abstract :
Hipertensi merupakan penyakit tidak menular dimana menjadi masalah global,
untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pelayanan kesehatan yang
sesuai standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Standar
Pelayanan Minimal (SPM) pada kasus hipertensi. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sebanyak 16 informan berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh informasi pada komponen input; (1) Sudah sesuai jumlah dan kualitas barang/jasa dengan kebutuhan pelayanan kesehatan hipertensi, (2) Belum sesuai jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia Kesehatan dengan beban kerja, (3) Sudah sesuai petunjuk teknis dan tatacara standar Puskesmas dengan SPM. Pada komponen proses diperoleh hasil; (1) Sudah sesuai pendataan sasaran hipertensi dengan SPM, (2) Sudah sesuai penemuan kasus hipertensi dengan SPM, (3) Sudah sesuai bentuk dan mekanis pelayanan hipertensi dengan SPM, dan (4) Sudah dilakukan rujukan penderita hipertensi sesuai kriteria SPM. Sementara pada komponen output didapatkan adanya peningkatan mutu pelayanan dasar hipertensi. Simpulan penelitian ini didapatkan bahwa pelayanan kesehatan hipertensi sesuai Standar Pelayanan Minimal dapat meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas, sehingga diharapkan Puskesmas dapat melaksanakan pelayanan kesehatan hipertensi sesuai Standar Pelayanan Minimal yang terintegrasi dengan upaya kesehatan Puskesmas.
Download From Google Drive