Hubungan Mutu Pelayanan Puskesmas dengan Kepuasan Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Rambatan I Kabupaten Tandah Datar Tahun 2016

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Kostiana, Tetria
Advisor:
Rudjito
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Kualitas.
DOI:
-
Abstract :
Kualitas pelayanan menunjukkan kesempurnaan pelayanan kesehatan, dan dapat menimbulkan kepuasan pada pasien. Untuk mencapai kepuasan pada konsumen/ pasien, dibutuhkan pelayanan yang dapat memenuhi harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Rambatan I Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional study yang dilakukan pada bulan Januari - Februari 2016 di Puskesmas Rambatan I dengan populasi seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Rambatan I pada bulan Januari yaitu sebanyak 400 kunjungan. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 80 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner penelitian dan analisis data meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% pasien menyatakan mutu pelayanan reliability baik, 60% menyatakan mutu pelayanan responsiveness baik, 56,3% menyatakan bahwa mutu pelayanan assurance baik, 50% pasien menyatakan dimensi mutu pelayanan empathy kurang baik, 72,5% pasien menyatakan bahwa mutu tangible baik dan 56,3% pasien puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada hubungan dimensi mutu pelayanan reliability (p = 0,003, OR = 4,636), ada hubungan dimensi mutu reponsiveness (p = 0,011, OR = 3,667), dimensi mutu assurance (p = 0,005, OR = 4,166) dan dimensi mutu empathy (p = 0,002, OR = 5,000) dengan kepuasan pasien. Jadi dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan berhubungan dengan kepuasan pasien. Diharapkan kepada pihak puskesmas Rambatan I untuk dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, agar kepuasan pada pasien dapat dicapai dengan baik.
Download From Google Drive