Pengaruh Pemberian Hot Pack Dan Slump Exercise Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Low Back Pain Miogenik Pada Petani Di Pakan Sinayan Kecamatan Kamang Magek Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Dewi, Selvi Prana
Advisor:
Segita, Riri
Naibaho, Andar Basa P.
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Hot Pack, Slump Exercise, Fleksibilitas, Petani
DOI:
-
Abstract :
Low back pain myogenic adalah suatu sindroma nyeri yang terjadi pada daerah pinggang bagian bawah dan merupakan work related musculoskeletal disorders. Penyebab low back pain myogenic yang paling sering ditemukan adalah ketegangan otot yang dikarenakan postur tubuh yang tidak tepat. Nyeri pinggang yang dirasakan oleh petani dikarenakan faktor kerja yang terus-menerus membungkuk sehingga dapat menurunkan fleksibilitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Hot Pack Dan Slump Exercise Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Low Back Pain Miogenik Pada Petani Di Pakan Sinayan Kecamatan Kamang Magek Tahun 2023.
Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperiment Desain One Group Pretest- /Posttest. Populasi penelitian ini adalah petani berumur 30-40 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 5 orang. Penelitian dilakukan selama 1 minggu dengan menggunakan lembar observasi dengan alat ukur fleksibilitas yaitu Scoober Test.
Analisa data meliputi univariat dan bivariate menggunakan uji Paired Sample T-test dengan rata-rata fleksibilitas sebelum melakukan intervensi adalah 17.80 dan sesudah 21.20. Berdasarkan penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh dengan menunjukkan hasil p value 0,000 < (0,05).
Dapat disimpulkan bahwa terdapat ada Pengaruh Pemberian Hot Pack Dan Slump Exercise Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Low Back Pain Miogenik Pada Petani Di Pakan Sinayan Kecamatan Kamang Magek Tahun 2023.
Download From Google Drive