Pengaruh Pemberian Rhythmic Gymnastics Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 7 9 Tahun Di Tpa Al-Azhar Ranah Sungai Landia Agam Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Lestari, Salsabila
Advisor:
Rovendra, Erit
Febriani, Yelva
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Rhythmic gymnastics,Motorik kasar, Anak
DOI:
-
Abstract :
Perkembangan lembaga pendidikan Al-Quran yang semakin pesat saat ini menandakan makin meningkatnyakesadaran masyarakat akan pentingnya kemampuan baca tulis al-quran dan keberadaannya ditengah-tengah masyarakat.Keberadaan pendidikan Al-Quran membawa misi yang sangat mendasar terkait dengan pentingnya memperkenal ka dan menanamkan nilai-nilai Al-Quran sejak usia dini.
Motorik kasar adalah kemampuan gerak tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh. motorik sangat erat kaitannya dengan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal cord
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Rhythmic gymnastics terhadap motorik kasar pada anak.jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi experiment. Teknik pengumpulan sempel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini di ambil pada bulan Juli Tahun 2023, dengan jumlahpopulasi 50 dan sampel 15 orang yang kemudian di berikan intervensi Rhythmic gymnastics sebanyak 8 kali perlakuan.pengukuran motorik kasar menggunakan Tes of gross motor development-2 (TGMD-2).
Hasil penelitian pemberian Rhythmic gymnastics menunjukkan bahwa rata-rata motorik kasar sebelum pemberian intervensi adalah 15,47 dan sesudah pemberian intervensi adalah 23,40 dengan nilai p=0,001 yang artinya terdapat perkembagan motorik kasar pada anak.
Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pemberia Rhythmic gymnastics berpengaruh terhadap motorik kasar pada anak usia 7-9 tahuan di TPA Al-azhar ranah Sungai landia tahun 2023. Dapat di lihat dalam penelitian ini yang lebih baik anak laki-laki dari pada anak perempuan,Meski dari itu tettap di harapkan kepada responden agar tetap melakukan latihan meskipun sudah ada perkembagan pada motorik kasar.
Download From Google Drive