Pengaruh Senam Yoga Hatha Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Pada Lansia Di Puskesmas Biaro Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Novita, Reza Desri
Advisor:
Oktavianis
Munawarah, Siti
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Senam Yoga Hatha, Tekanan darah, Lansia
DOI:
-
Abstract :
Yoga Hatha adalah latihan dengan teknik membentuk sikap tubuh disertai teknik pernafasan yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan alami tubuh. Hipertensi adalah suatu keadaan kronis yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah pada pembuluh darah. Prevalensi hipertensi semakin meningkat seiring bertambahnya usia dengan peningkatan yang signifikan di Negara yang berpenghasilan rendah dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Senam Yoga Hatha Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Pada Lansia Di Puskesmas Biaro Tahun 2023.
Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperiment Desain One Group Pretest- Posttest. Populasi penelitian ini adalah lansia berumur 45-59 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 12 orang. Penelitian dilakukan selama 2 minggu dengan pengumpulan data menggunakan tensimeter aneroid dan lembar observasi.
Analisa data meliputi univariat dan bivariate menggunakan uji paired t-test dengan rata-rata hipertensi sebelum melakukan senam yoga hatha adalah 155,50 dan sesudah 150,08. Berdasarkan penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh dengan menunjukkan hasil p value 0,030 > (0,05).
Dapat disimpulkan bahwa terdapat ada Pengaruh Senam Yoga Hatha Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Pada Lansia Di Puskesmas Biaro Tahun 2023. Dengan demikian, semakin sering dan disiplin melakukan Senam Yoga Hatha maka tekanan darah pada lansia hipertensi dapat lebih terkontrol dengan baik.
Download From Google Drive