Efektivitas Lower Extremity Strengthening Exercise Dan Otago Exercise Dalam Mengurangi Risiko Jatuh Pada Lansia Di Puskesmas Biaro Kabupaten Agam Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Halizah, Putri Nur
Advisor:
Segita, Riri
Utami, Rindu Febriyeni
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Risiko Jatuh, Lower Extremity Strengthening Exercise, Otago Exercise
DOI:
-
Abstract :
Lanjut usia mengalami berbagai perubahan baik secara fisik, mental maupun sosial. perubahan yang bersifat fisik antara lain adalah penurunan keseimbangan dan akan menghambat lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari mereka yang dapat meningkatkan risiko jatuh pada lansia.
Penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Lower Extremity Strengthening Exercise dan Otago Exercise Dalam Mengurangi Risiko Jatuh pada Lansia. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment dengan pre test-post test design group, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei juni tahun 2023 selama 3 minggu sebanyak 9 kali Latihan, yang dijadikan sampel sebanyak 20 orang dengan metode pemilihan sampel yang dijadikan sampel sebanyak 20 orang dan metode pemilihan sampel dengan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Berg Belance Scale.
Hasil penelitian pemberian Lower Extremity Strengthening Exercise menunjukan bahwa rata rata risiko jatuh sebelum intervensi adalah 36.30 dan setelah diberikan intervensi adalah 21.20. nilai p =0,000 artinya terdapat penurunan terhadap risiko jatuh pada lansia. Hasil penelitian pemberian otago exercise menunjukan bahwa rata rata sebelum intervensi 36.60 dan setelah intervensi menjadi 21.80 . nilai p = 0,000 artinya terdapat penurunan tingkat risiko jatuh pada lansia.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lower Extremity Strengthening Exercise dan Otago Exercise sama sama efektif dalam mengurangi tingkat risiko jatuh oada lansia di Puskesmas Biaro Kabupaten Agam tahun 2023.
Download From Google Drive