Pengaruh Pemberian Alternate Leg Bound Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pada Pemain Sepak Takraw Di Kamang Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Yanti, Noptri
Advisor:
Febriani, Yelva
Adenikheir, Annisa
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Alternate Leg Bound, Daya Ledak Otot, Sepak Takraw
DOI:
-
Abstract :
Daya ledak dalam berolahraga sebagai salah satu komponen yang harus dimiliki disebagian cabang olahraga, karena hal ini berkaitan dengan hasil seluruh unjuk kerja yang dilakukan individu maupun kelompok. Daya ledak dapat ditingkatkan dengan latihan yang dilakukan secara teratur dan sistematis. Latihan alternate leg bound berfungsi meningkatkan daya ledak otot sehingga atlet memiliki daya ledak tinggi dalam melakukan aktifitasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian alternate leg bound terhadap daya ledak otot tungkaia pada pemain sepak takraw d ikamang tahun 2023. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada 18 juni hingga 8 juli tahun 2023, dengan jumlah populasi pemuda 20 orang, dengan sampel sebanyak 10 orang. Pengukuran daya ledak otot tungkai diukur dengan menggunakan vertical jump.
Hasil penelitian pemberian alternate leg bound menunjukkan bahwa rata- rata daya ledak otot tungkai sebelum intervensi adalah 32.30 setelah pemberian intervensi menjadi 42.00 dan p= 0,000 artinya terdapat peningkatan daya ledak otot pada pemain sepak takraw.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian alternate leg bound berpengaruh untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai pada pemain sepak takraw di Kamang tahun 2023. Maka diharapkan kepada responden agar tetap konsisten dalam melakukan latihan meskipun daya ledak otot tungkainya sudah meningkat.
Download From Google Drive