Efektivitas Brain Vitalization Gym Dan Puzzle Therapy Untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif Pada Lansia Di Puskesmas Biaro Kab. Agam Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Difa, Nadhia Fitria
Advisor:
Nurhayati
Utami, Rindu Febriyeni
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Fungsi Kognitif, Brain Vitalization Gym, Puzzle Therapy
DOI:
-
Abstract :
Fungsi Kognitif adalah kemampuan pengenalan dan penafsiran seseorang terhadap lingkungan berupa perhatian, bahasa, memori, dan fungsi memutuskan, sehingga mengganggu aktivitas hidup sehari-hari dan aktivitas sosial. Penurunan fungsi kognitif pada lansia biasanya diawali dengan kemunduran memori atau daya ingat dan daya pikir lain yang secara nyata mengganggu aktivitas kehidupan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian Brain Vitalization Gym dan Puzzle Therapy untuk meningkatkan fungsi kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni tahun 2023, dengan jumlah populasi 318 orang, dengan sampel sebanyak 20 orang, kelompok 1 diberikan Brain Vitalization Gym dan kelompok II diberikan Puzzle Therapy. Tiap kelompok diberikan intervensi sebanyak 12 kali perlakuan. Pengukuran fungsi kognitif diukur dengan menggunakan MMSE (Mini-Mental State Examination).
Hasil penelitian pemberian Brain Vitalization Gym menunjukkan bahwa rata-rata fungsi kognitif sebelum intervensi adalah 16,20 dan setelah intervensi diberikan menjadi 23,10. Nilai p=0,000 artinya terdapat peningkatan fungsi kognitif. Hasil penelitian pemberian Puzzle Therapy menunjukkan bahwa rata-rata sebelum intervensi 15,30 dan setelah intervensi menjadi 19,40. Nilai p=0,000 artinya terdapat peningkatan fungsi kognitif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Brain Vitalization Gym lebih efektif terhadap peningkatan fungsi kognitif dari pada Puzzle Therapy pada lansia di Puskesmas Biaro Kab. Agam Tahun 2023.
Download From Google Drive