Efektifitas Pemberian Senam Aerobic Low Impact Dan Brisk Walking Exercise Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Pakan Kamis Tahun 2022

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Husna, Kurnia
Advisor:
Sulung, Neila
Olyverdi, Reza
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Brisk Walking Exercise, Lansia, Senam Aerobic Low Impact, Tekanan Darah
DOI:
-
Abstract :
Menurut WHO 2019 Prevalensi hipertensi semakin meningkat seiring bertambahnya usia, dengan kisaran usia 18-39 tahun sebesar 7,5%; 40-59 tahun sebesar 33,2% dan 60 tahun sebesar 63,1%, dengan peningkatan yang signifikan terlihat di negara yang berpenghasilan rendah dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian senam aerobic low impact dan brisk walking exercise terhadap tekanan darah penderita hipertensi pada lansia di wilayah kerja puskesmas pakan kamis tahun 2022.
Desain penelitian ini menggunakan desain studi Quasi-Eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada tanggal 01Desember sampai 31 Desember.Populasi penelitian ini adalah lansia berumur 45-59. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 20 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan tensimeter digital dan lembar observasi.
Berdasarkan uji paired t-test menunjukan bahwa nilai 0,621 (P Value > ) dengan rata-rata hipertensi sesudah melakukan senam aerobic low impact adalah 145,90 dan rata-rata hipertensi sesudah melakukan brisk walking exercise adalah 147,30.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas pemberian senam aerobic low impact dan brisk walking exercise terhadap tekanan darah penderita hipertensi pada lansia di wilayah kerja puskesmas pakan kamis tahun 2022. Untuk itu diharapkan kepada lansia hipertensi agar dapat selalu efektif dan disiplin mengikuti senam ergonomis.
Download From Google Drive