Pengaruh Pemberian Ultrasound Dan Progressive Resistance Exercise Terhadap Nyeri Pada Pasien Osteoarthritis (Oa) Genu Di Rsud M.Natsir Solok Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Maulidya, Syalsyabillah
Advisor:
Hasnita, Evi
Rovendra, Erit
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Osteoarthiritis, Ultrasound, Progressive Resistance Exercise, Nyeri
DOI:
-
Abstract :
Osteoarthritis genu merupakan penyakit degeneratif sendi, ditandai dengan adanya degenerasi kartilago sendi dan pembentukan tulang baru (osteofit) pada bagian pinggir sendi. Gejala utama osteoartritis adalah gangguan nyeri dan pergerakan yang dapat mempengaruhi gangguan fungsional. Pengobatan osteoartritis ditujukan untuk mengurangi nyeri, meningkatkan kemampuan fungsional, dan mencegah deformitas. Pemberian ultrasound dan progressive resistance exercise diharapkan dapat mengurangi nyeri, meningkatkan kekuatan otot dan kemampuan fungsional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian Ultrasound dan Progressive Resistance Exercise terhadap nyeri pada pasien Osteoarthritis (OA) Genu.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen Design One Group Pretest-Posttest dengan metode pendekatan pretest-posttes. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang. Penelitian ini dilakukan 2 kali dalam seminggu selama 4 minggu di RSUD M.Natsir Solok dengan instrument penelitian yang digunakan adalah visual analogue scale (VAS). Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariate menggunakan uji Wilcoxon Test.
Berdasarkan uji Wilcoxon Test menunjukkan bahwa nilai p-value 0.004 (0,05) dengan rerata nyeri sebelum pemberian Ultrasound dan Progressive Resistance Exercise adalah 5,60 dan sesudah 3.30.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian Ultrasound dan Progressive Resistance Exercise untuk penurunan nyeri Pada Penderita Osteoarthiritis di RSUD M.Natsir Tahun 2023.
Download From Google Drive