Pengaruh Latihan Square Stepping Exercise Dan Jalan Tandem Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Lansia Di Kecamatan Harau Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Wati, Sinta
Advisor:
Oktavianis
Rovendra, Erit
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Keseimbangan Dinamis, Square Stepping Exercise, Jalan Tandem
DOI:
-
Abstract :
Keseimbangan Dinamis Adalah Kemampuan Tubuh Mempertahankan Pusat Gravitasi Pada Bidang Tumpu Dalam Keadaan Beraktivitas. Faktor Penuaan Adalah Faktor Utaama Penyebab Gangguan Keseimbangan Postural Pada Lansia. Tujuan Dari Penelitian Ini Untuk Mengetahui Pengaruh Pemberian Latihan Square Stepping Exercise Dan Jalan Tandem Untuk Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Pada Lansia.
Jenis Penelitian Ini Adalah Quasi Experiment Dengan Menggunakan One Group Pretestpostest Design. Teknik Pengambilan Sampel Dengan Menggunakan Purposive Sampling Dengan Berdasarkan Kriteria Inklusi. Sampel Pada Penelitian Ini Adalah Lansia Yang Berjumlah 8 Orang. Pengolahan Data Hasil Penelitian Dilakukan Dengan Menggunakan Uji Independent Simple T Test.
Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Terdapat Peningkatan Keseimbangan Dinamis Setelah Diberikan Intervensi Sebanyak 4 Kali Perlakuan Dan Didapatkan Nilai Rata-Rata Pretest Adalah 21.00 Dan Rata-Rata Postest Adalah 19.00 Dan Hasil Analisis Statistik Menunjukkan P Value = 0,000 Yang Berarti Terdapat Perubahan Yang Signifikan Pada Pemberian Latihan Square Stepping Exercise Dan Jalan Tandem Terhadap Peningkatan Keseimbangan Dinamis Pada Lansia Di Kecamatan Harau.
Dapat Disimpulkan Bahwa Dari Hasil Penelitian Terjadi Peningkatan Keseimbangan Dinamis Pada Lansia Sehingga Pemberian Latihan Square Stepping Exercise Dan Jalan Tandem Dapat Digunakan Sebagai Suatu Metode Untuk Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Pada Lansia Di Kecamatan Harau.
Download From Google Drive