Pengaruh Active Cycle Of Breathing Technique Terhadap Peningkatan Ekspansi Thorax Untuk Mengurangi Keluhan Sesak Nafas Di Pondok Kapur Padang Panjang Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Ayu, Resty
Advisor:
Syah, Irhas
Febriani, Yelva
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Active Cycle of Breathing Technique, Ekspansi Thorax
DOI:
-
Abstract :
Indonesia termasuk negara dengan tingkat kematian akibat penyakit paru-paru tertinggi di dunia. Dyspnea atau sering disebut sesak napas yang disebabkan oleh penurunan otot pernafasan serta penurunan dari ekspansi thorax. Penurunan ekspansi thoraks ini disebabkan karena adanya kekakuan dan kelelahan yang berkepanjangan pada saat inspirasi. Untuk meningkatkan ekspansi thoraks dapat diberikan latihan pernafasan Active Cycle Of Breathing Technique (ACBT). Salah satu latihan pernapasan yang mengontrol pernapasan untuk mencapai pola pernapasan yang tenang dan berirama yang mempertahankan kapasitas kerja otot - otot pernafasan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian pengaruh pemberian active cycle of breathing technique terhadap peningkatan ekspansi thorax untuk mengurangi keluhan sesak nafas. Desain penelitian pre-eksperimental dengan one group pre test posttest. Sampel pada penelitian ini didapatkan 10 orang yang sebelum dilakukannya pengukuran kekuatan otot pernafasan, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata (mean) sebelum 2,61 dan sesudah 4,40 setelah intervensi terdapat perbedaan rata-rata 1,79 dengan menggunakan uji Wilcoxon Test didapatkan nilai p-value = 0,005 < (0,05).
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian pengaruh pemberian active cycle of breathing technique terhadap peningkatan ekspansi thorax untuk mengurangi keluhan sesak nafas di Pondok Kapur Padang Panjang Tahun 2023.
Download From Google Drive