Pengaruh Pemberian Tens Dan Retrowalking Terhadap Aktivitas Fungsional Osteoarthritis Knee Di Rumah Sakit Universitas Andalas Padang Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Sophia, Ully
Advisor:
Silvia
Segita, Riri
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Osteoarthritis Knee, Aktivitas Fungsional, TENS, Retrowalking
DOI:
-
Abstract :
Osteoarthritis knee adalah penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan kartilago sendi. Osteoarthritis knee adalah penyakit terbanyak di ruang fisioterapi Rumah Sakit Universitas Andalas Tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian TENS dan Retrowalking terhadap aktivitas fungsional pada osteoarthritis knee tahun 2023. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini 232 orang, sampel dalam penelitian ini adalah 10 responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposing sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan intervensi sebanyak 8 kali perlakuan didapatkan nilai mean pre 54,790 dan post 31,520. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya pengaruh pemberian TENS dan Retrowalking terhadap aktivitas fungsional pada osteoarthritis knee dengan rata- rata peningkatan aktivitas fungsional 23,270 dan nilai 0,005.
Dapat disimpulkan bahwa TENS dan Retrowalking terbukti berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas fungsional pada osteoarthritis knee. Maka diharapkan pihak rumah sakit dapat menerapkan intervensi TENS dan Retrowalking untuk pasien osteoarthritis knee.
Download From Google Drive