Pengaruh Pemberian Ice Massage Dan Stretching Terhadap Pengurangan Nyeri Low Back Pain Myogenik Pada Buruh Tani Di Jorong Batang Hari Kecamatan Lembah Gumanti Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Weni
Advisor:
Munawarah, Siti
Segita, Riri
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Low Back Pain, Myogenik, Petani, Ice Massage, Stretching
DOI:
-
Abstract :
Low back pain myogenik merupakan nyeri di sekitar punggung bawah yang disebabkan oleh gangguan atau kelainan pada musculoskeletal vertebra thoracal 12 sampai bawah pinggul. Low back pain myogenic dapat terjadi pada petani karena posisi kerja yang salah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian ice massage dan stretching terhadap pengurangan nyeri low back pain myogenic pada buruh tani di jorong batang hari kecamatan lembah gumanti tahun 2023.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperiment semu) dengan metode pretest dan posttest dan menggunakan uji paired sample t- test. Penelitian ini dilakukan di Jorong Batang Hari Kecamatan Lembah Gumanti tahun 2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan intervensi sebanyak 12 kali perlakuan didapatkan nilai mean pre 5,8 dan post 2,9 dan nilai p value = 0,0001. yang berarti terdapat perubahan yang signifikan pada pemberian ice massage dan stretching terhadap pengurangan nyeri low back pain miogenik pada buruh tani.
Dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian di atas terjadi pengurangan Tingkat nyeri pada responden sehingga pemberian ice massage dan stretching pada petani penderita low back pain miogenik dapat digunakan sebagai suatu metode untuk mengatasi kasus low back pain miogenik.
Download From Google Drive