Pengaruh Pemberian Massage Dan Latihan Mc Kenzie Terhadap Penurunan Nyeri Low Back Pain Miogenik Di Lingkungan Kerja Kelompok Tani Panti Kabupaten Pasaman Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Dani, Syukri Ilham
Advisor:
Nurhayati
Rovendra, Erit
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Massage,Latihan Mc Kenzie,Low Back Pain Miogenik,Petani
DOI:
-
Abstract :
Low Back Pain Myogenik adalah nyeri punggung bawah yang berhubungan dengan stress/strain otot punggung, tendon, ligament yang biasanya terjadi bila melakukan aktivitas sehari hari berlebihan, seperti duduk lama, mengangkat beban dengan posisi membungkuk. mengakibatkan gangguan pada tendomuscular kondisi ini juga menyebabkan munculnya nyeri yang bersifat tumpul dan tidak menjalar ke tungkai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Massage Dan Latihan Mc Kenzie Terhadap Penurunan Nyeri Low Back Pain Miogenik Di Lingkungan Kerja Kelompok Tani Panti Kabupaten Pasaman Tahun 2023.
Jenis penelitian ini Quasi Eksperiment Design One Group Pre Test design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan sampel sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu.
Analisis univariat menunjukkan dari 30 orang sampel memiliki rata-rata nyeri sebelum pemberian intervensi 6,68 dengan nyeri minimum 5 dan maksimum 8. Dan rata-rata setelah pemberian intervensi 0.64 dengan nyeri minimum 2 dan maksimum 4. Analisis Bivariat di peroleh p-value sebesar 0,001(
Download From Google Drive