Hubungan Kebiasaan Merokok Terhadap Kapasitas Vital Paru Pada Remaja Di Kenagarian Aia Manggih Selatan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   N, Pramagita Dwiana
Advisor:
Silvia
Adenikheir, Annisa
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kapasitas Vital Paru, Kebiasaan Merokok, Remaja
DOI:
-
Abstract :
Kapasitas vital paru merupakan salah satu nilai untuk mengetahui fungsi paru seseorang. Kapasitas vital paru adalah jumlah udara maksimum udara yang dapat dikeluarkan seorang dari paru, setelah lebih awal mengisi paru secara maksimum dan kemudian mengeluarkan sebanyak-banyaknya. Kapasitas vital paru merupakan parameter yang digunakan untuk menilai fungsi paru seseorang yang merokok. Perokok sering memperlihatkan kelainan pada pemeriksaan fungsi paru obstruktif aliran udara yang ringan pada jalan napas yang kecil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kebiasaan Merokok pada Remaja di Kenagarian Aia Manggih Selatan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Tahun 2023.
Jenis penelitian ini Deskriptif Analitik Design Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 423 orang dengan sampel sebanyak 85 orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu.
Analisis univariat menunjukkan dari 85 sampel memiliki durasi yang beresiko terhadap pengukuran kapasitas vital paru sebanyak 5 orang dan yang tidak beresiko terhadap pengukuran kapasitas vital paru sebanyak 80 orang.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tidak ada Hubungan Kebiasaan Merokok Terhadap Kapasitas Vital Paru pada Remaja di Kenagarian Aia Manggih Selatan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Tahun 2023.
Download From Google Drive