Pengaruh Pemberian Four Square Step Exercise Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Lansia Di Puskesmas Timpeh Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Fawwaz, Nadiah
Advisor:
Utami, Rindu Febriyeni
Munawarah, Siti
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Four Square Step Exercise, Lansia, Keseimbangan Dinamis
DOI:
-
Abstract :
Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan proyeksi pusat. Keseimbangan dibutuhkan untuk mempertahankan posisi dan stabilitas Ketika bergerak dari satu posisi ke posisi yang lain. Akibat dari gangguan keseimbangan adalah jatuh dan sering mengarah pada injury, kecacatan, kehilangan kemandirian dan berkurangnya kualitas hidup. Fisioterapis berperan dalam pemberian intervensi salah satunya dengan four square step exercise. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pemberian four square step exercise terhadap keseimbangan dinamis pada lansia di Puskesmas Timpeh Tahun 2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan desain quasi eksperiment dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian sebanyak 476 orang dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan Time Up and Go Test (TUGT). Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni dengan frekuensi pemberian four square step exercise 2 kali seminggu selama 1 bulan.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest nilai keseimbangan dinamis lansia sebesar 13,55 dan standard deviasi 2,800. Sedangkan rata-rata posttest nilai keseimbangan dinamis lansia sebesar 10,55 dan standar deviasi 2,438. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan p-value = 0,0005 < (0,05) yang artinya ada pengaruh four square step exercise terhadap keseimbangan dinamis lansia.
Kesimpulan penelitian bahwa four square step exercise berpengaruh terhadap keseimbangan dinamis lansia sehingga disarankan pada lansia untuk melakukan intervensi ini secara rutin dan dilakukan mandiri di rumah.
Download From Google Drive