Hubungan Usia, Masa Kerja, Dan Postur Kerja Terhadap Kejadian Low Back Pain Myogenic Pada Petani Sawit Di Kabupaten Dharmasraya

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Junia, Layla Rachmi
Advisor:
Hasnita, Evi
Segita, Riri
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Usia, Masa Kerja, Postur kerja dan Low Back Pain Myogenic
DOI:
-
Abstract :
Low Back Pain Myogenic adalah nyeri punggung bawah di sebabkan oleh stress/strain otot punggung, tendon, dan ligament yang biasanya dirasakan setelah beraktifitas berlebihan. Beberapa Faktor yang mempengaruhi Low Back Pain Myogenic diantaranya usia, masa kerja dan postur kerja. Banyaknya petani sawit yang mengalami keluhan nyeri pada punggung bawah membuat penulis tertarik mengangkat masalah ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Usia, Masa Kerja dan ostur Kerja terhadap kejadian Low Back Pain Myogenic pada petani sawit di Kabupaten Dharmasraya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling, Sampel sebanyak 53, Pengambilan data dengan kuesioner dalam bentuk pertanyaan. Postur kerja di ukur menggunakan Rapid Entire Body Assissment (REBA). Pengolahan data hasil penelitian mengunakan uji Chi Square.
Berdasarkan uji statistik antara Usia dengan Low back pain Myogenic diperoleh p-value = 0,000 yang artinya terdapat hubungan antara usia dengan Low Back Pain Myogenic, Masa kerja dengan Low Back Pain Myogenic diperoleh p-value = 0,001 yang artinya terdapat hubungan antara Masa Kerja dengan Low Back Pain Myogenic dan Postur Kerja dengan Low Back Pain Myogenic diperoleh p-value = 0,009 yang artinya terdapat hubungan antara postur kerja dengan Low Back Pain Myogenic. Dapat disimpulkan bahwa Usia, Masa Kerja, Dan Postur Kerja terdapat hubungan yang signifikan terhadap Low Back Pain Myogenic pada petani sawit di Kabupaten Dharmasraya.
Download From Google Drive