Pengaruh Pemberian Pursed Lips Breathing Untuk Meningkatkan Ekspansi Thoraks Pada Perokok Aktif di Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Leguma, Lidra
Advisor:
Olyverdy, Reza
Utami, Rindu Febriyeni
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Pursed Lips Breathing, Ekspansi Thoraks, Perokok Aktif
DOI:
-
Abstract :
Merokok mengganggu kerja paru-paru yang normal karena hemoglobin lebih mudah untuk membawa karbon dioksida dari pada oksigen. Yang menyebabkan terganggunya proses kerja dari paru-paru yaitu melemahnya otot- otot pernapasan, sehingga terjadi penurunan ekspansi thoraks. Dengan adanya penurunan ekspansi thoraks maka diberikan intervensi pursed lips untuk melatih otot-otot pernafasan dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekspansi thoraks.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pursed lips breathing untuk meningkatkan ekspansi thoraks pada perokok aktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode observasi. Penelitian ini dilaksanakan pada 13 maret hingga 26 maret tahun 2023, dengan jumlah populasi perokok aktif 80 orang, dengan sampel sebanyak 15 orang. Pengukuran ekspansi thoraks diukur dengan menggunakan midline pada 3 bagian, yaitu axilla, costa 4 dan xyphoideus.
Hasil penelitian pemberian pursed lips breathing menunjukkan bahwa metode ini lebih berpengaruh terhadap ekspansi thoraks pada bagian costa 4 dimana rata-rata ekspansi thoraks sebelum intervensi pada bagian costa 4 adalah 2,20 setelah pemberian intervensi menjadi 5,33 dan p= 0,001 artinya terdapat peningkatan ekspansi thoraks pada perokok aktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pursed lips breathing berpengaruh untuk meningkatkan ekspansi thoraks pada perokok aktif di Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar tahun 2023. Maka diharapkan kepada responden agar dapat berhenti merokok meskipun sudah terjadi peningkatan ekspansi thoraks.
Download From Google Drive