Efektivitas Latihan Ball Feeling Dan Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Mengiring Bola Pada Pemain Sepak Bola Club Pagaruyung Fc Tahun 2023

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Hafizal, Dwi
Advisor:
Segita, Riri
Febriani, Yelva
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
ball feeling, ladder drill dan kelincahan
DOI:
-
Abstract :
Latihan Ball feeling adalah salah satu bentuk latihan kemampuan individu yang dilakukan oleh pemain dengan bagian kaki agar dapat menguasai, mengolah, dan mengarahkan perasaan bola. pemain sepak bola juga perlu adanya dukungan bentuk latihan ladder drill sebagai program latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kelincahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas Latihan ball feeling dan latihan ladder drill terhadap kelincahan mengiring bola pada pemain sepak bola club pagaruyung Fc.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan pendekatan Two Group Pretest-Posttest design. Penelitian ini dilakukan di bola club Pagaruyung FC dilapangan sepak bola pagaruyung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas kelincahan sebelum dan sesudah diberikan Ball Feeling adalah 15,35 dan 12,25. Sedangkan sebelum dan sesudah diberikan ladder drill adalah 16,59 dan 12,43.Didapatkan hasil penelitian menunjukkan hasil p=0,17 (>0,005) tidak ada perbedaan pengaruh pemberian latihan ball feeling dan latihan ladder drill terhadap kelincahan mengiring bola pada pemain sepak bola club pagaruyung Fc.
Dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh latihan ball feeling dan Latihan ladder drill terhadap kelincahan mengiring bola pada pemain sepak bola club pagaruyung Fc, tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan. Untuk itu diharapkan kepada pemain sepak bola, agar menjaga pola hidup sehat dan meningkatkan aktifitas fisik.
Download From Google Drive