Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman 2016

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Sumarti, Fitri
Advisor:
Nurhayati
Lazdia, Wenny
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kepuasan, Availability, Responsiveness, Convenience, Timelines.
DOI:
-
Abstract :
Pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. Salah satu tempat pelayanan kesehatan adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Sebagai penyedia jasa layanan bagi masyarakatPuskesmas selama ini sering dikeluhkan dengan kualitas pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan pasien, oleh karena itu Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2016. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman pada bulan juni s.d Juli 2016 dengan populasi seluruh pasien dewasa yang berkunjung, pengambilan sampel secara accidental sampling diperoleh sampel sebanyak 75 orang. Proses pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Data diolah secara bivariat dan univariat dengan bantuan aplikasi komputer SPSS. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 64% responden menyatakan availability dalam kategori efektif, 62% responden menyatakan responsiveness dalam kategori tanggap, 52% responden menyatakan convenience dalam kategori nyaman, 61,3% responden menyatakan timeliness dalam kategori tepat waktu dan sebagian besar (65,3%) responden menyatakan puas terhadap pelayanan medis dan non medis di Puskesmas Lubuk Alung.Dari hasil analisis bivariat terdapat hubungan yang bermakna antara availability (p value = 0,036), responsiveness(p value = 0,000), convenience(p value = 0,003) dan tidak terdapat hubungan timelinessdengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2016. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya pelayanan kesehatan yang telah diberikan sekarang agar ditingkatkan lagi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan meningkatkan SDM tenaga medis, sehingga pelayanan yang diberikan sesuai dengan keinginan pasien dan memberikan kepuasan bagi pasien.
Download From Google Drive