Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Di Universitas Fort De Kock Bukittinggi Tahun 2022

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Indra, Fahmi Afri
Advisor:
Fatma, Fitria
Athosra
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Pengetahuan, Sikap, Motivasi, Persepsi, Game.
DOI:
-
Abstract :
Perkembangan internet mempengaruhi perkembangan game online. Pengguna game online umumnya adalah para remaja yang masih dalam usia sekolah. Ketergantungan terhadap bermain game online terus menerus dapat menimbulkan kecanduan. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecanduan game online pada mahasiswa fakultas kesehatan di Universitas Fort De Kock Bukittinggi tahun 2022. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Fort De Kock Bukittinggi angkatan 2021 sebanyak 346 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling sebanyak 78 orang. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Analisa univariat menunjukkan bahwa sebagian besar responden sebanyak 51 responden (65,4%) berada dalam kategori tidak kecanduan game online, 58 responden (74,4%) memiliki tingkat pengetahuan tinggi, 55 responden (70,5%) memiliki sikap positif, 50 responden (64,1%) memiliki motivasi belajar tinggi dan 43 responden (64,1%) memiliki persepsi sensitif terhadap kekerasan. Analisa bivariat menunjukkan bahwa pengetahuan dengan nilai p 0,051, sikap dengan nilai p 0,065, motivasi belajar dengan nilai p 0,059 dan persepsi dengan nilai p 0,440. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan, sikap, motivasi belajar dan persepsi dengan kecanduan game online. Meskipun dalam penelitian ini kecanduan game online tidak berkolerasi dengan pengetahuan, sikap, motivasi belajar dan persepsi mahasiswa, tetapi beradasarkan penelitian yang lain sebenarnya kecanduan game online bisa mempengaruhi pengetahuan, sikap, motivasi belajar dan persepsi. Dengan demikian mungkin mahasiswa tetap perlu untuk mengelola keinginannya untuk bermain game online supaya tidak menjadi candu.
Download From Google Drive