Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Memandikan Bayi Terhadap Keterampilan Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Kapau Kabupaten Agam Tahun 2016

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Laini, Nina
Advisor:
Zuraida
Silvia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pendidikan kesehatan, keterampilan, memandikan bayi.
DOI:
-
Abstract :
Salah satu pekerjaan yang tergolong banyak ditakuti ibu baru adalah saat harus memandikan bayi. Masih banyak ibu yang belum bisa memandikan bayinya secara benar, sehingga kebutuhan pendidikan kesehatan (penyuluhan) sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan perawatan bayi sehari-hari khususnya memandikan bayi. Memandikan bayi merupakan suatu upaya ibu untuk melakukan kontak dengan bayi, hal ini merupakan salah satu proses Bounding Attachment yang erat hubungannya dengan proses tumbuh kembang bayi karena bayi dan ibu membentuk ikatan batin satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Memandikan Bayi Terhadap Keterampilan Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Kapau Kabupaten Agam Tahun 2016. Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperiment dengan rancangan prepost dalam satu kelompok (One-Group Pretest- Posttest Design). Populasi adalah ibu nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Kapau Kabupaten Agam, dengan sampel sebanyak 10 ibu nifas. Pengolahan analisa dara dilakukan secara komputerisasi. Hasil analisa univariat diketahui rerata keterampilan sebelum intervensi adalah 29 dan setelah intervensi 32. Hasil analisa bivariat diketahui ada perbedaan nilai keterampilan ibu nifas dalam memandikan bayi sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan tentang memandikan bayi ( p value= 0,005). Disimpulkan bahwa ada tentang memandikan bayi terhadap keterampilan ibu nifas. Oleh sebab itu diharapkan pada pihak puskesmas Agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan berupa penyuluhan kesehatan mengenai memandikan bayi dengan cara yang benar.
Download From Google Drive