Analisis Implementasi Pengendalian Demam Berdarah Dengue Di UPTD Puskesmas Pagaruyung Tanah Datar Tahun 2021

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Amnur, Lastri
Advisor:
Nurdin
Oktavianis
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Implementasi Pengendalian Demam Berdarah Dengue.
DOI:
-
Abstract :
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes Aeggypti. DBD di Puskesmas Pagaruyung tahun 2018 ditemukan 9 kasus pada tahun 2019
mengalami kenaikan menjadi 10 kasus dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) sudah mencapai target. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi pengendalian DBD di UPTD Puskesmas Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi, dengan melihat komponen Input, Proses dan Output dari Implementasi Pengendalian DBD. informan berjumlah 7 orang yang berasal dari pengawai di Puskesmas Pagaruyung dan Dinas Kesehatan. Penelitian ini dilakukan mulai 13 Juli-19 Juli 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Pengelolahan data dengan mereduksi, menyajikan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari segi input meskipun dari SDM pengelola DBD belum mencukupi dalam segi jumlah,
rangkap tugas, latar belakang pendidikan yang belum sesuai serta belum adanya pelatihan dan pendidikan khusus. Namun kebijakan, sarana prasarana dan dana sudah terlaksana dengan baik, dari segi proses semuanya sudah terlaksana dengan baik, adapun dari segi output implementasi pengendalian DBD di Puskesmas Pagaruyung selama ini sudah berjalan dengan baik.
Kesimpulan dari penelitian menyatakan bahwa implementasi pengendalian DBD di Puskesmas Pagaruyung sudah terlaksana. Saran bagi puskesmas perlu dilakukan pelatihan dan pendidikan untuk pengelola DBD agar pengendalian dilakukan sesuai pedoman.
Download From Google Drive