Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rujukan Pasien JKN Pada Puskesmas Di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Answar, Rikavia
Advisor:
Asbiran, Nursal
Nurdin
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Rujukan, Rasio Rujukan, Faktor yang mempengaruhi.
DOI:
-
Abstract :
Jaminan Kesehatan Nasional memberlakukan sistem rujukan berjenjang yang dimulai dari FKTP. Tingginya angka rujukan di puskesmas mengindikasikan bahwa implementasi sistem rujukan belum berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan rujukan pada puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien JKN yang
berkunjung ke Puskesmas Sungai Limau, Puskesmas Pasar Usang, dan Puskesmas Enam Lingkung. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 97 orang.
Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 25,8% sumber daya manusia tidak sesuai standart dan 74,2% sumber daya manusia sesuai standart, 25,8% sarana dan prasarana tidak lengkap dan 74,2% sarana dan prasarana lengkap, 38,1% ketersedian obat tidak lengkap dan 61,9% ketersediaan obat lengkap, 36,1% jenis indikasi medis yang dirujuk dan 63,9% jenis indikasi medis tidak dirujuk., 57,7% pengetahuan pasien rendah dan 42,3% pengetahuan pasien tinggi, 69,1% rujukan puskesmas tinggi dan 30,9% rujukan puskesmas rendah. Hasil uji statistik sumber daya manusia p-value 0,023, sarana dan prasarana p-value 0,023, ketersediaan obat pvalue 0,670, jenis indikasi penyakit p-value 0,009 dan pengetahuan p-value 0,026. Faktor yang paling dominan yang mempengaruhi rujukan pasien di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 adalah Pengetahuan Pasien. Puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman belum siap dalam melakukan pelayanan diagnosis penyakit karena terdapatnya keterbatasan dalam hal dukungan SDM, dana dan sarana prasarana serta belum optimalnya pelaksanaan.
Kesimpulan terdapat hubungan antara sumber daya manusia , sarana dan prasarana , jenis indikasi penyakit dan pengetahuan terhadap rujukan pasien. terdapatnya keterbatasan SDM, dana dan sarana prasarana sehingga belum optimalnya pelaksanaan.
Download From Google Drive