Analisis Pengaruh Pemberian Jahe Merah (Zingiber Officinale) Terhadap Penurunan Glukosa Darah Sewaktu (GDS) Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2021

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Andani, Nia
Advisor:
Asbiran, Nursal
Nurdin
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Diabetes Mellitus, Jahe Merah, Zingiber Officinale, Glukosa Darah Sewaktu.
DOI:
-
Abstract :
Diabetes melitus merupakan kategori penyakit tidak menular yang apabila tidak diatasi dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Salah satu jenis tanaman obat dari bahan alam untuk mengatasi hiperglikemia pada penderita diabetes mellitus adalah jahe merah (zingiber officinale). Desain penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Penelitian menggunakan jahe merah (zingiber officinale) dengan dosis 2 gram/hari yang diberikan terhadap penderita diabetes mellitus tipe II selama 7 hari. Sebelum diberikan intervensi dengan jahe merah dilakukan terlebih dahulu pretest (pengukuran kadar glukosa darah sewaktu), kemudian setelah diberikan intervensi dengan jahe merah dilakukan lagi posttest (pengukuran kadar glukosa darah sewaktu). Sampel sebanyak 15 orang. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi pada bulan Juni-Juli 2021.
Rerata glukosa darah sewaktu (GDS) sebelum pemberian jahe merah adalah 136,93 mg/dl dan setelah pemberian jahe merah adalah 131,60 mg/dL. Rerata penurunan glukosa darah sewaktu adalah 5,333 mg/dL. Hasil anlisis dengan menggunakan paired t-test didapatakan p-value = 0,000 (p-value < 0,05)
yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian jahe merah (zingiber officinale) terhadap penurunan glukosa darah sewaktu (GDS) pada penderita diabetes mellitus tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi tahun 2021. Diharapkan kepada responden penderita diabetes mellitus tipe 2 agar dapat menjadikan jahe merah sebagai salah satu pilihan obat tradisional untuk menurunkan glukosa darah, serta menjadikan jahe merah sebagai salah satu TOGA (tanaman obat keluarga) di rumah.
Download From Google Drive