Pengaruh Pemberian Seduhan Kayu Manis Terhadap Kadar Gula Darah Pada Penderita DM Tipe II Di Wilayah Kerja Puskesmas Kumun Kota Sungai Penuh Tahun 2020

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Azmaina
Advisor:
Juwita, Lisavina
Amelia, Sherly
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kayu Manis, Diabetes Mellitus, Kadar Gula Darah.
DOI:
-
Abstract :
Diabetes Mellitus Tipe II merupakan bentuk diabetes yang paling umum, penyebabnya bervariasi mulai dominan resistensi insulin sampai defek resistensi insulin. Data Dinkes Kota Sungai Penuh Tahun 2016 sampai 2018, Diabetes Mellitus dengan kasus terbanyak terdapat pada Puskesmas Kumun, dengan jumlah kasus 299. Salah satu penanganan Diabetes Mellitus Tipe II secara nonfarmakologik adalah kayu manis yang mengandung esensial, seperti eugenol dan polifenol yang membantu peningkatan protein reseptor insulin pada sel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian seduhan kayu manis terhadap kadar gula darah penderita diabetes mellitus tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Kumun Tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan One group pretest posttest design yang dilaksanakan dari bulan November sampai bulan Desember 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita diabetes mellitus tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Kumun. Teknik sampel purposive sampling dengan jumlah 20 orang. Data diolah secara komputerisasi dengan analisa univariat dan bivariat menggunakan uji Paired Sample T Test.
Hasil penelitian didapatkan rata-rata kadar gula darah setelah diberikan seduhan kayu manis adalah 148.95 mg/dL. Berdasarkan uji statistic didapatkan p value = 0,000. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh seduhan kayu manis terhadap penurunan kadar gula darah pasien diabetes mellitus tipe II. Diharapkan hasil penelitian ini semua pihak memanfaatkan kayu manis untuk membantu menurunkan kadar gula darah pasien diabetes mellitus tipe II.
Download From Google Drive