Efektifitas Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Ceramah dan Demonstrasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Guru di SDN 18 Cacang Tinggi Tiku Utara Tahun 2020

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Rahman, Arif Budia
Advisor:
Nurhayati
Fatma, Fitria
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kesehatan Gigi, Pengetahuan, Ceramah, Demonstrasi.
DOI:
-
Abstract :
Provinsi Sumatera Barat masyarakat yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut adalah sebanyak 73%. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan 80% guru di SDN 18 Cacang Tinggi berpengetahuan kurang dan memiliki masalah tentang kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan demonstrasi agar meningkatkan pengetahuan guru tentang kesehatan gigi dan mulut. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SDN 18 Cacang Tinggi sebanyak 10 orang, teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling berjumlah 10 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Test. Peneitian ini dilakukan pada tanggal 11-13 Agusutus 2020. Hasil penelitian dengan uji paired t-test diperoleh rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan metode ceramah yaitu 5,8 menjadi 7,4. Rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan gigi dan mulut dengan metode demonstrasi yaitu 6,4 menjadi 9,0. Ada perbedaan antara skor rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan metode ceramah dan demonstrasi (p-value< 0,05). Hasil statistik independent sample t-tes tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode ceramah dengan demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut (p-value>0,05). Diharapkan guru dapat mengaplikasikan dan menyampaikan pada murid tentang kesehatan gigi dan mulut di sekolah maupun kehidupan sehari-hari.
Download From Google Drive