Kualitas Pelayanan ANC (Antenatal Care) Terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Guguk Panjang Tahun 2020

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Fransiska, Serly
Advisor:
Febriyeni
Putri, Yelmi Reni
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kualitas Pelayanan ANC, Kepuasan Ibu Hamil.
DOI:
-
Abstract :
Kualitas pelayanan kesehatan mengacu pada tingkat kesempurnaan
pelayanan kesehatan yang di satu pihak menimbulkan kepuasan pasien. Laporan antenatal Puskesmas Guguk Panjang yaitu terdapat kunjungan K1 sebesar 94,1% dan K4 93,8% selama tahun 2018, data kunjungan ibu hamil selama enam bulan terakhir terhitung dari bulan Juni Desember 2019 yaitu sebanyak 417 ibu hamil. Jenis penelitian adalah analitikdengan desain cross sectional yang dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Guguk Panjangpada bulan Februari 2020. Populasi seluruh seluruh ibu hamil sebanyak 417 orang pada bulan Juni Desember 2019dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling yang berjumlah 54 orang. Data dikumpulkanmenggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square. Hasil didapatkan 35,8% ibu hamil mengatakan wujud fisik kurang bermutu. Sebesar 42,0% ibu hamil mengatakan kehandalan petugas kurang bermutu. Sebesar 48,1% ibu hamil mengatakan daya tanggap petugas kurang bermutu. Sebesar 43,2% ibu hamil mengatakan jaminanyang diberikan petugas kurang berumutu. Sebesar 39,5% ibu hamil mengatakan empati petugas kurang bermutu. Sebesar 49,4% ibu hamil mengatakan tidak puas terhadap pelayanan ANC.Terdapat hubungan wujud fisik (p = 0,001 dan OR 5,9), kehandalan (p = 0,0005 dan OR 18,9), daya tanggap (p = 0,0005) dan OR 10,6), jaminan (p = 0,005 dan OR 4) dan empati (p = 0,0005 dan OR 10,8) dengan tingkat kepuasan ibu hamil. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan wujud fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dengan tingkat kepuasan ibu hamil. Untuk itu disarankan kepada tenaga kesehatan khususnya bidan untuk memberikan pelayanan seperti melayani dengan tulus dan penuh keramahan agar pasien yang berobat khususnya ibu hamil dapat merasakan kualitas pelayanan yang diharapkan di puskesmas.
Download From Google Drive