Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan E-Learning oleh Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fort De Kock Bukittinggi Tahun 2017

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Dofita, Ella Prima Asri
Advisor:
Nurhayati
Rezkiki, Fitrianola
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Ekspektasi kinerja aplikasi, ekpektasi kemudahan penggunaan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, penggunaan e-learning.
DOI:
-
Abstract :
STIKes Fort De Kock sudah menggunakan e-learning sejak tahun 2014, namun penggunaannya belum terpapar maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan ekspektasi kinerja aplikasi, kemudahan, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas dengan penggunaan e-learning. Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh mahasiswa yang menggunakan e-learning di STIKes Fort De Kock, berjumlah 734 mahasiswa. Sampel 88 mahasiswa, secara proporsional sampling. Pengolahan data dilakukan secara komputerisasi menggunakan uji chisquare. Hasil analisa univariat diketahui 56,8 % responden memiliki ekspektasi kinerja aplikasi tinggi, 53,4 % memiliki ekspektasi kemudahan penggunaan sulit, 52,3 % menyatakan sosial tidak mempengaruhi, 54,5 % menyatakan kondisi fasilitas tidak memadai, dan 63,6 % menyatakan e-learning perlu digunakan. Hasil bivariat ada hubungan ekspektasi kinerja aplikasi (p = 0,036 dan OR = 2,846), ekspektasi kemudahan (p = 0,001 dan OR = 5,519), dan kondisi fasilitas (p = 0,025 dan OR = 3,169), tidak ada hubungan pengaruh sosial (p = 0,094 dan OR = 2,367) dengan penggunaan e-learning. Disimpulkan bahwa faktor yang paling berhubungan dengan penggunaan e-learning adalah ekspektasi kemudahan penggunaan. Diharapkan STIKes Fort De Kock Bukittinggi dapat memaksimalkan penggunaan e-learning dengan melakukan sosialisasi lebih detail tentang e-learning.
Download From Google Drive