Hubungan Stimulasi Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Paud Sps Lentera Bukit Tinggi Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   M, Dinarni
Advisor:
Hasnita, Evi
Juwita, Lisavina
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Stimulasi, Perkembangan anak prasekolah.
DOI:
-
Abstract :
Perkembangan anak prasekolah merupakan pertambahan ukuran, kemampuan, fungsi tubuh lebih kompleks. Di Indonesia 11,5% anak mengalami kelainan pertumbuhan dan perkembangan. Sedangkan, Bukittinggi merupakan angka paling rendah 45,76% capaian DDTK berada di lingkup paud SPS Lentera. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stimulasi terhadap perkembangan anak prasekolah di Paud SPS Lentera Bukittinggi Tahun 2017. Jenis peneltian survey analitik dengan cross sectional. Penelitian ini di lakukan Paud SPS Lentera September 2017. Populasi seluruh ibu dan balita, pengambilan sampel dengan Total sampling. Jumlah sampel 37 orang. Jenis data penelitian primer dengan format pengumpulan data. Dianalisa dengan univariat dan bivariat menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan 62,2% dilkukannya stimulasi, 48,6% perkembangan anak dengan meragukan. Hasil bivariat hubungan stimulasi dengan perkembangan anak prasekolah dengan p value = 0,036 (p<0,05). Berdasarkan kesimpulan, resiko yang berhubungan dengan perkembangan anak adalah stimulasi dari orang tua. Upaya yang dilakukan memberikan penyuluhan tentang perkembangan anak pada orang tua dan guru di paud SPS Lentera.
Download From Google Drive